DIY itu apa sih ?

Sumber: pexels.com

DIY. Ada yang sering denger apa itu DIY ? atau mungkin ada yang malah belum pernah denger apa itu DIY ? yang pasti DIY ini bukan Daerah Istimewa Yogyakarta ya :D
Saat ini sudah banyak sekali orang-orang yang menekuni bidang ini, bahkan sebagian banyak orang sukses berwisausaha di bidang ini.

DIY adalah singkatan dari Do It Yourself! Atau dalam bahasa Indonesia berarti “lakukan sendiri”. Kalo menurut aku arti “lakukan” ini sama dengan “membuat” atau “create”. Pada dasarnya DIY ini merupakan kegiatan membangun, membuat, merakit sesuatu disekitar kita dengan tangan kita sendiri tanpa bantuan orang lain atau tenaga ahli.

Do It Yourself ini merupakan kegiatan yang penuh dengan kreativitas, entah sejak kapan aku juga mulai menyukai kegiatan ini, karena aku termasuk orang yang tidak suka mengandalkan orang lain dan lebih suka melakukan atau membuat sesuatu hal sendiri dengan hasil tangan sendiri, jadilah kegiatan DIY ini menjadi salah satu hobi-ku saat ini,tapi masih amatiraaan banget.


Sumber: Pexels.com

Kegitan DIY ini melatih kita untuk berkreasi dan mengembangkan kreativitas. Orang-orang biasanya tidak berani melakukan DIY karena merasa dirinya tidak kreatif, padahal dengan kegiatan inilah justru kreativitas kita jadi berkembang.

Karena biasanya DIY dilakukan untuk membuat sesuatu yang kita gunakan di rumah sendiri, jadi sebetulnya kita tidak harus ahli untuk membuatu sesuatu itu, yang penting ada kemauan, karena salah satu penyebab paling kuat gagal melakukan DIY adalah “malas” :D

Aku juga termasuk orang yang moody sih dalam melakukan kegiatan ini, kadang bersemangat sekali, tapi kadang maleeees banget, kadang lagi semangat semangatnya tapi ga ada waktu karena sibuk jadi pegawai, tapi seringkali kegiatan DIY ini menjadi healing tersendiri buat aku, semacam salah satu cara aku menghilangkan stress akibat kesemruwetan pekerjaan di kantor.

Jadi kalo lagi ga males nih, setelah hari senin-jumat berkecambuk dengan pekerjaan kantor, saat weekend aku akan membuat sesuatu yang aku bikin dengan tangan sendiri, ga susah susah ko, kadang cuma bikin bunga dari kain flanel untuk hiasan di ruang tamu, atau bikin sesuatu untuk dijadikan hadiah/kado untuk sahabat, walaupun seringkali aku membuat barang-barang tersebut karena adanya orderan dari seorang teman yang mau kasih kado sih, ya Alhamdulillah selain menyalurkan hobi, healing buat diri sendiri juga bisa menghasilkan pundi-pundi tabungan hehe

Sumber: Pexels.com

Sebenernya DIY ini menurut aku kegiatan yang sederhana, walaupun butuh ketelatenan dan kesabaran dalam mengerjakannya, tapi selama aku melakukan kegiatan ini aku selalu merasa senang karena bisa berkreasi sesuai dengan keinginan sendiri, terus ya rasanya seneng aja kalo bisa pajang barang-barang bikinan sendiri atau kasih kado ke sahabat hasil bikinan tangan sendiri, kegiatan ini cocok banget deh buat para ibu rumah tangga mengisi waktu senggang.

DIY juga bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan sederhana, bahkan kita bisa melakukan recycle dari barang-barang yang sudah tidak terpakai, di sulap menjadi barang barang yang lebih berguna dan lebih unik tentunya karena kita kreasikan dengan keinginan kita sendiri, banyak banget kan hal-hal bermanfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan ini :D

Sumber: Pinterest.com

Selain itu seperti yang udah aku bilang sebelumnya, kegiatan ini juga bisa membuka peluang untuk berwirausaha, kita bisa bikin furniture-furniture rumah sederhana untuk nantinya dijual, bahkan DIY ini sudah merambah ke bidang Wedding Organizer juga loh, banyak WO – WO yang menyediakan jasa penyiapan properti yang unik dan menarik hasil karya DIY.


Tapi masalahnya kebanyakan orang itu bingung bagaimana cara mengkreasikan bahan-bahan yang mereka punya, atau mau bikin sesuatu tapi bingung bahan-bahannya apa. Nah kalo kalian bingung mau bikin apa, coba aja searching barang-barang hasil DIY dan bagaimana cara membuatnya di mbah Google ataupun medsos, karena saat ini udah banyak banget ko hasil karya DIY dan bagaimana cara membuatnya bertebaran di mbah google atau medsos-medsos lainnya, nanti semoga ke depannya aku juga bisa share hasil karya DIY amatiranku dan step by step pembuatannya disini ya, mudah-mudahan jadi pada minat belanja juga :D

Sumber: Pexels.com

So, untuk mengurangi tumpukan barang-barang tak terpakai, menghemat biaya yang kita keluarkan untuk membeli properti rumah tangga dan juga untuk menghasilkan pundi-pundi tabungan, masih takut untuk berkreasi? Yuk kita coba bareng-bareng Do It Youyself!”



Komentar

  1. Akhh ga sabar deh ngeliat diy nya teh tiwi, kali kali bisa dicontek hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhehe malu masih amatiran banget teh masih harus banyak belajar

      Hapus
    2. hihi sama2 belajar teh, nnti di share yaa ilmunya..

      Hapus
  2. Wah seru ini diy aku juga mau banget deh bisa bikin sendiri, terutama buat home dekor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo teh, seru deh kalo bisa dekor rumah sendiri 😁

      Hapus
  3. Lihat donk hasil kreasi mba tiwi, siapa tau saya bisa contoh bikinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe masih belajar nih mba, hasilnya juga masih amatiran banget :D

      Hapus
  4. Hehehe iya nih ku kira cm Daerah Istimewa Daerah, pengen juga bikin seauatu di rmh saat waktu senggang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee ayo dicoba teh siapa tau bisa jadi hobi juga hihi

      Hapus
  5. Selalu suka liatin video DIY, tapi pas mau bikin malah mentok.. Xixiii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe semangat coba lagi teh, memang ga mudah sih bikin bikin DIY harus penuh perjuangan hehe

      Hapus
  6. wah yang biasanya jago DIY mah berarti kreatif banget orangnya teh..

    BalasHapus
  7. DIY asik bgt ya Teh. Rasanya ada kepuasan tersendiri kalau kita berhasil buat suatu karya. Karya DIY yg pertama saya buat itu kertas kado siap jadi + hiasan pita berbagai bentuk bunga. Jadi penasaran juga nih pengen liat hasil DIY-nya Teh Tiwi :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget teh hehehe aku masih belajar nih teh, bikinnya juga masih mood moodan hehehe, aku malah lebih ingin liat DIY nya teh Leni

      Hapus
  8. ayo teh, posting hasil DIY nya...aku jadi kepo :)

    BalasHapus
  9. tak kira DIY tu daerah Istimewa ternyata Do It Ypurself, suka banget dah. Btw aku juga penasaran sama DIY mu, nanti share di artikel selanjutnya ya, biar para fansmu ini ga penasaran sama DIY Tiwi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe siiapp teh :D DIY yang ala kadarnya :D

      Hapus
  10. Wah.. ditunggu hasil karyanya mbak..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer