Menjelajah setengah Negeri Laskar Pelangi

Assalamualaikum...

Pada tau kan Negeri Laskar Pelangi?

Yap sejak mencuatnya novel sekaligus film karya Andrea Hirata, secara tak sengaja keberadaan Negeri Laskar Pelangi pun perlahan diketahui banyak orang dan menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi menurutku apalagi bagi yang suka wisata air atau yang tertarik dengan kehidupan bahari.

Belitung atau warga setempat menyebutnya Belitong. Merupakan pulau kecil nan indah.
Sejak liat di film Laskar Pelangi, kayanya pulau ini syahdu banget.

Sebelumnya ga pernah kepikiran kalo bisa sampai menginjakkan kaki kesana, tahun 2017 alhamdulillah rezeki banget sih bisa sampai ke beberapa tempat yang ga pernah terlintas di pikiran sedikitpun untuk bisa menjenguknya.

Ceritanya selalu hampir sama, setelah menyelesaikan tugas negara di Pulau Belitung ini aku berkesempatan menikmati indah alamnya.

Gunung dan Laut bagiku memang tidak pernah memberikan sedikitpun kesempatan untuk membuatku kecewa, keduanya selalu menenangkan, Masya Alloh.

Aku ga begitu suka kuliner dan termasuk golongan yang nafsu makannya jelek, jadi maaf-maaf kalo cerita jalan-jalanku bakal jarang banget bahas soal makanan hehe 

Saat pertama kali tiba di Belitung, ada atmosfer berbeda yang aku rasakan, kaya di negeri antah berantah.

Kesan pertama adalah "sepi", pulau ini kaya ga berpenghuni, jalanan sunyi sepi lengang, jarang orang lewat, jarang rumah berdiri sampai sinyal handphone pun ga ada :( jadi selama disana ku hanya bisa mengandalkan wifi hotel.

Karena tugas negara udah tuntas siang hari, maka aku dan teman-teman berencana memburu senja ke Pantai Tanjung Pendam..


Bener-bener syahdu, kalo aku perhatikan khasnya pulau belitung ini adalah layar batu, atau bebatuan besar yang serupa layar.


Batu di pesisir pantai ini membuat Pantai semakin terlihat megah, tapi wisatawan harus hati-hati banget kalo mau berfoto-bergaya-berswafoto di batu-batu itu, karena batunya licin dan saat itu sempet ada kejadian yang cidera karena jatuh dari batu.


Sesorean kami bermain di pantai, tapi wisata selanjutnya harus dilanjutkan besok.

Setelah berhasil nemu tour n travel yang pas, perjalananpun dimulai. Saat itu kami hanya merencanakan menjelajahi setengah Negeri Laskar Pelangi karena keterbatasan waktu, kami memilih untuk berlayar di pantai aja jadi ga sempat ke SD Laskar Pelangi ataupun ke Museum Kata Andrea Hirata.

Pagi-pagi sekali setelah selesai sarapan, kami berencana mengelilingi pantai Tanjung Kelayang, Pulau Kepayang, Batu Garuda sampai pantai Pulau Lengkuas.


Pengalaman pertama berlayar naik perahu mengelilingi pulau sebanyak itu.

Ternyata sangat menyenangkan dan memancing adrenalin juga hehe sensasinya terombang ambing di lautan, tapi tetep ga mau kehilangan moment buat mengabadikan keindahan alamnya.


Jadi sekeliling pantai-pantai disana itu warna air nya toska gitu, bikin mata segeeer walaupun suhu udaranya panas banget bahkan sampe bikin kulit belang pulang-pulang hehe

Disana juga ada salah satu tempat Snorkling, sayang ga sempat diabadikan emang, karangnya indah, ikan-ikannya juga indah.

Sebenernya waktu itu aku ga persiapan buat snorkling karena emang ga terlalu bisa berenang, tapi saking penasaran pas di spot snorkling aku nekat turun ke air dengan pake pelampung doang, cukup aman sih, penasaran banget pengen nyentuh ikan ikan yang cantik itu, walaupun hadiahnya adalah kulit muka jadi terbakar hehe


Selain laut yang indah, juga banyak bebatuan yang ga kalah eksotisnya.


Setelah selesai berlayar, sambil jalan menuju bandara kami mengunjungi tempat wisata terakhir disana, yaitu Danau Kaolin.


Kalo di Bandung, danau Kaolin ini mirip kawah putih, bedanya kalo di Bandung ga panas, kalo disini panasnya bikin badan lengket :D

Untuk oleh-oleh Belitung khasnya adalah makanan makanan olahan ikan laut.

Oh ya bonus dikit, sebenernya aku bukan pecinta kopi, tapi saat itu aku sempat ke ke tempat kopi yang katanya sangat terkenal dan paling tua di Belitung.

Namanya Kong Djie Coffee, katanya kopinya enak, tapi aku ga sempet nyoba karena malah minum susu disana.

Jadi itulah penjelajahan setengah negeri laskar pelangi, masih ada PR buat mengunjungi setengahnya lagi.

Tapi buat kalian yang suka laut, bener deh ga akan kecewa buat jadiin Belitung destinasi wisata yang wajib di kunjungi.

Komentar

  1. Mau banget ke belitung, baru suamiku aja yang ke sana, pantainya emang masih "perawan" yak kayaknya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer