Misteri Berat Badan

"Pergi kemanakah makanan yang Tiwi makan?"

Andai ketika ngetik pertanyaan itu di google, bisa muncul jawabannya.

Jadi sejak mungkin 10 tahun ke belakang, berat badanku hampir ga pernah naik, sudah melewati 3 era: SMA, Kuliah sampai Kerja sekarang still -40Kg.

Nah sekarang hampir tiap hari temen-temen di kantor itu ributin soal berat badan, biasalah ya ciwi-ciwi ABG akhir.
Obrolan "berat badan" kayanya udah jadi cerita horor bagi temen-temen disekeliling-ku hehe tabu tapi sering dibahas :D
www.pexels.com
Tapi ada perbedaan yang dihadapi aku dan temen-temen, kalo mereka ribut soal berat badan yang kian hari kian meningkat, kalo aku? sebenernya aku ga terlalu berkeberatan ataupun berkeringanan (apaan) soal berat badanku yang ringan. 

Aku nyaman-nyaman aja dengan berat badan segini dan porsi makan segitu, aneh sih ketika porsi makan-ku sebenernya hampir sama dengan temen-temen yang lain, tapi berat badanku ga pernah  naik, pergi kemana makanan yang aku makan? hehe Malah kadang aku suka takut kalo temen-temen udah ber-wacana mau mengurangi makan, aku takut ga ada temen makan di kantor.

Emang sih bisa dibilang nafsu makan-ku agak susah, tapi alhamdulillah sampai saat ini aku bisa memasukkan makanan berat 2x sehari ke dalam tubuh, berkat ada temen makan juga tapi emang laper juga sih. Walaupun kadang mengalami fase nafsu makan yang lagi jelek, tapi aku tipe orang yang tau diri dan menyayangi diri sendiri, jadi kalo harus makan ya diusahain makan.
"Makan untuk hidup" aku termasuk golongan yang menganut motto itu :D

Temen-temen sekantor yang tiap hari bareng sering mengeluh katanya semakin banyak pekerjaan yang mereka lahap, semakin besar juga nafsu makannya, jadi mereka sering ngeluh "belum setaun kerja disni, berat badan udah naik....kg" laah anehnya aku yang udah 3 tahun kerja disini berat badannya stabil. Dibalik aku yang sebenernya ga mempermasalahkan soal berat badan, tapi kadang terpengaruh juga sih sama ucapan orang-orang, "Tiwi ko kecil terus...", "Tiwi makin kecil aja..." padahal pas nimbang berat badan mah ga turun ko.. cuman kadang emang ngerasa gimana gitu ya sama ucapan orang-orang, padahal mungkin mereka juga ga bermaksud apa-apa, tapi kadang kalo lagi sensi, suka bikin mikir "emang salah ya kalo kecil?" atau "emang kenapa kalo kecil? yang penting kan sehat.."

Kalo menurut netijyen gimana? apakah berat badan -40Kg di usia seperempat abad ini adalah hal yang abnormal dan perlu dicemaskan?
www.pexels.com
Beberapa taun ke belakang, sempet disaranin salah satu dokter dan diomelin Mama juga, diminta cek ke dokter sana sini, dicurigai kurang gizi kali ya? sampai di suruh rontgen segala hehe, tapi pas datang ke salah satu klinik buat minta rujukan, karena aku ga ada keluhan soal kesehatan sama sekali akhirnya cuma ditanya "badan orang tuanya kecil atau besar?" setelah aku menimbang-nimbang badan orang tuaku tidak termasuk "besar" sih. Akhirnya dokternya cuma ketawa aja "kalo orang tuanya kecil, masa anaknya tiba-tiba harus gendut" katanya.

Ah mulutmu harimau-mu emang, perkataan itu bisa berpengaruh banyak banget terhadap psikologis seseorang.

Jadi pelajaran buat diri sendiri sih ternyata kita ga boleh ceplas ceplos bicara ya ke orang-orang di sekitar kita, bisa jadi kalimat ringan yang kita ucapkan itu malah berdampak banyak untuk orang lain.

Sebenernya nih ya, kalo aku pikir-pikir kenapa berat badanku segini aja itu karena:

1. Gen (turunan)

Sungguh deh, orang tua ku badannya ya standar, ga kecil amat sih tp juga ga besar, ya memang turunan mungkin berbadan tanpa lemak kaya gini. Padahal apa salahnya ya aku mah nyaman-nyaman aja dengan badan kaya gini, selain ringan dibawa kemana-mana, nyari baju juga ga susah, terus alhamdulillah jadi ga pernah ngerasa ga pede pake baju yang bikin perut terlihat bergelambir (mon maaf nih, perempuan kan sering banget ngeluh kalo udah liat lipatan perut).

2. Bergadang

Zaman sekolah waktu masih muda belia, aku sering banget bergadang atau sampai ga tidur semalaman untuk belajar, karena sadar kemampuanku standar-standar aja, tapi aku cukup keras sama diri sendiri untuk bisa berprestasi di sekolah, aku juga ga memungkiri bahwa dulu sering porsir diri sendiri buat belajar keras, biar bisa ngejar kemampuan temen-temen, tapiii aku melakukan itu atas kemauan sendiri tanpa paksaan, jadi ku nyaman-nyaman aja dengan pola hidup kaya gitu, walaupun mungkin ya efek jangka panjangnya pertumbuhan aku sedikit terhambat waktu itu, padahal zaman sekolah aku rajin olah raga juga pernah jadi atlet (abal-abal) taekwondo malah haha, tapi mungkin karena pola makan ga terjaga jadilah pertumbuhan-pun terhambat.

3. Pola Makan

Waktu kuliah, pola makanku emang jeleeeek banget sih, karena keterbatasan sih ini. Jauh dari orang tua dan biaya hidup juga terbatas, jadilah perlu berjuang untuk hidup hemat, padahal waktu kuliah aktivitas-pun ga kalah banyak.

Banyak aktivitas, sering bergadang dan kurang istirahat.

4. Aktivitas dan Bergerak

Selain itu jarak dari kost-an ke kampus juga lumayan jauh, karena cari kost-an yang harganya masuk budget tapi ternyata jaraknya lumayan jauh dari fakultas tempat kulyah, jadilah setiap hari kaya harus tawaf gitu, belum lagi jalanan dari kost-an dan kampus tuh meliuk-liuk naik turun hehe

Boleh di bilang aku orang nya suka "jalan", jalan disini jalan kaki ya bukan jalan-jalan, tapi jalan-jalan juga suka sih.

Mungkin karena sering jalan kaki jarak jauh, seneng kesana kesini, energiku banyak terpakai ya, makanya makanan-makanan yang ku makan kemungkinan besar hilang karena menjadi energi untuk bergerak aktif dan berfikir.

www.pexels.com

Nah itu ku kira alasan kemana perginya makanan yang aku makan.

Sebenernya aku bingung faedah nulis soal ini tuh apa hehe

Mungkin ku hanya melakukan pembelaan pada diri sendiri, kalo badan kecil akutuh bukan berarti cacingan haha plis deh toh pas ngaca aku liat wajahku seger-seger aja ga kaya orang sakit dan alhamdulillah aku termasuk yang jarang banget sakit, ya paling flu lah tapi itupun jarang.

Jadi mulai sekarang mari kita saling mendoakan aja, yang badannya kecil sehat-sehat, yang agak gemuk juga sehat-sehat.
Jangan ada ke-tidakpercaya-an diri diantara kita hanya karena urusan berat badan, dan bagi yang "merasa gendut" , karena seringkali perempuan itu ngerasa gendut padahal mah ngga, kadang cuma dibilang "tembem-an ya sekarang.." udah kaya di bilang "bb nya naik 10kg ya?" Hehe
kuharap kalian ga memaksakan diri untuk diet-diet, plis jangan batasi asupan kedalam tubuh tapi diatur supaya pola makannya baik, biar kita sehat-sehat, biar aku ga kehilangan temen makan hehe 

Komentar

  1. Wah sama kaya saya mba. Makan terus tapi kurus aja. Apalagi pas hamil kemarin perut kecil aja. Bikin orang orang khawatir. Disangka kurang gizi. Tapi saya ngerasa sehat sehatsaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya ya teh? ternyata ada juga yang senasib :D pas hamil naik berapa kg teh?

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer